Pengertian Prosa dan Jenis Prosa

Pengertian Prosa dan Jenis Prosa | Apa itu prosa? Istilah prosa dalam pengertian kesustraan disebut fiksi. Istilah fiksi dalam pengertian ini berarti cerita rekaan. Pengertian prosa adalah bentuk karya sastra yang disusun dalam bentuk cerita secara bebas, yang tidak terikat oleh rima dan irama. Unsur intrinsik prosa adalah tema, plot, amanat, latar, penokohan, sudut pandang, nada dan suasana, serta gaya bahasa. Sedangkan, unsur ekstrinsik prosa adalah nilai-nilai yang diyakini pengarangnya yang turut mempengaruhi terciptanya suatu prosa. Menurut bentuknya jenis prosa terdiri dari novel, cerpen, dan dongeng. Jika dilihat dari zamannya, jenis-jenis prosa terdiri dari:
  • Prosa lama: prosa lama umumnya tidak diketahui nama pengarangnya. Prosa lama merupakan warisan leluhur yang diturunkan dari generasi ke generasi. Prosa lama berisi petuah atau nasehat dalam kehidupan sehari-hari. Yang termasuk ke dalam jenis prosa lama antara lain: Dongeng, cerita rakyat, kisah, riwayat, dan hikayat.
  • Prosa baru: prosa baru adalah prosa yang diciptakan pada masa sekarang. Umumnya prosa baru diketahui secara pasti nama penulis aslinya. Yang termasuk ke dalam jenis prosa baru antara lain: novel, roman, biografi, dan cerpen.
Sekian uraian tentang Pengertian Prosa dan Jenis Prosa, semoga bermanfaat. 
zzzz...
Back To Top