Pengertian Diamagnetik, Paramagnetik, Feromagnetik

Pengertian Diamagnetik, Paramagnetik, Feromagnetik | Bahan diamagnetik adalah bahan yang sedikit menolak garis gaya magnetik seperti natrium, perak, bismut, raksa, dan intan. Ketika tidak ada pengaruh medan magnet luar, momen magnetik akibat gerak orbital dan spin elektron saling meniadakan. Saat ada pengaruh medan magnet luar, maka akan timbul medan magnet dalam tetapi masih lebih kecil.

Bahan paramagnetik adalah bahan yang sedikit menarik garis gaya magnetik seperti aluminium, magnesium, titanium, platina, dan fungston. Jika tidak ada pengaruh medan magnetik luar, bahan ini tidak memperlihatkan efek magnetlk karena momen magnetik total akibat gerak orbital dan elektron relatif kecil. Tetapi jika diberikan pengaruh dari medan magnet luar, maka akan timbul momen yang cenderung menyejajarkan medan magnetik dalam dengan medan magnetik luar.
Pengertian Diamagnetik, Paramagnetik, Feromagnetik
Titanium
Bahan feromagnetik adalah bahan yang sangat kuat menarik garis gaya magnetik seperti besi, nikel, kobalt, dan gadolinium. Jika dikenai medan maqnetik tersebut. Walaupun medan luar dihilangkan, sifat kemagnetan bahan masih tetap ada. Sifat kemagnetan bahan feromagnetik akan hilang jika dlpukul-pukul ataupun dipanaskan.

Sekian uraian tentang Pengertian Diamagnetik, Paramagnetik, Feromagnetik, semoga bermanfaat. 
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top