Pengertian Dongeng dan Jenis Dongeng

Pengertian Dongeng dan Jenis Dongeng | Dongeng adalah cerita khayalan atau cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng adalah cerita yang dikarang dan diceritakan kembali secara berulang-ulang oleh orang-orang. Cerita itu bisa dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa. Sedangkan pengertian dongeng menurut James Danandjaja, dongeng adalah termasuk cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh tempat maupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur. Meskipun demikian, banyak pula dongeng yang berisi ajaran moral, melukiskan kebenaran, bahkan ada pula jenis dongeng yang mengandung sindiran.

Pengertian Dongeng dan Jenis Dongeng
Pengertian Dongeng
Berdasarkan isinya, jenis-jenis dongeng terdiri atas lima jenis, yaitu fabel, legenda, mite, sage, dan parabel.
  • Fabel: Fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang. Contoh dongen fabel: Dongeng "Kancil Mencuri Mentimun".
  • Legenda: Legenda adalah dongeng yang menceritakan peristiwa yang berhubungan dengan keajaiban alam, biasanya berisi tentang kejadian suatu tempat. Contoh Dongeng Legenda: Dongeng "Terjadinya Danau Toba".
  • Mite: Mite adalah dongeng yang menceritakan tentang dewa-dewa dan makhluk halus. Isi ceritanya tentang kepercayaan animisme. Contoh dongeng Mite: Dongeng "Nyi Roro Kidul".
  • Sage: Sage adalah dongeng menceritakan suatu tokoh yang berkaitan dengan sejarah. Sage biasanya menyebar dari mulut ke mulut sehingga lama-kelamaan terdapat tambahan cerita yang bersifat khayal. Contoh Dongeng Sage: Dongeng "Jaka Tingkir".
  • Parabel: Parabel adalah dongeng yang ceritanya mengandung nilai-nilai pendidikan atau cerita pendek dan sederhana yang mengandung ibarat atau hikmah sebagai pedoman hidup. Contoh Dongeng Parabel: Dongeng "Si Malin Kundang".
Sekian uraian tentang Pengertian Dongeng dan Jenis Dongeng, semoga bermanfaat. 
zzzz...
Back To Top