Pengertian Obligasi dan Jenis Obligasi

Pengertian Obligasi dan Jenis Obligasi | Obligasi (Bond) adalah surat tanda pengakuan utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Pengertian obligasi lainnya adalah sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan perusahaan, yang menyatakan bahwa investor pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban untuk membayar bunga secara regular sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

pengertian obligasi
Pengertian Obligasi
Nilai pasar (harga pasar) suatu obligasi bergerak berlawanan arah dengan perubahan suku bunga secara umum. Jika suku bunga secara umum cenderung turun, maka nilai atau harga obligasi akan meningkat, karena para investor cenderung untuk menanamkan  uangnya di bank.  Jenis-jenis obligasi dibedakan atas dari siapa yang menerbitkannya, dapat dikelompokkan menjadi:
  • Obligasi yang ditebirtkan oleh perusahaan Corporate Bond,
  • Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah disebut Government Bond atau Treasury Bond, dan
  • Municipal Bond, yaitu merupakan obligasi yang diterbitkan pemerintah daerah untuk membiayai proyek tertentu di daerah.
Selain obligasi biasa, ada juga obligasi konversi yaitu obligasi yang dapat ditukarkan dengan saham biasa pada harga tertentu. Bagi emiten, obligasi konversi untuk meningkatkan penjualan obligasi. Jenis-jenis obligasi lainnya dapat dibedakan menjadi:
  • Obligasi Fixed Rate (Obligasi dengan Coupon Rate) yaitu jenis obligasi yang memberikan bunga tetap. Bunga biasanya dibayarkan tiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali.
  • Obligasi Floating Rate yaitu jenis obligasi yang memberikan bunga mengambang menyesuaikan dengan bunga yang berlaku di pasar.
  • Obligasi Zero Coupon yaitu obligasi dengan bunga nol atau obligasi yang hanya memberikan satu kali aliran kas masuk saja saat jatuh tempo. Karena obligasi ini tanpa bunga maka agar menarik bagi pembeli obligasi, obligasi jenis ini dijual dengan discount atau dijual dengan harga yang selalu di bawah harga nominal.
Sekian uraian tentang Pengertian Obligasi dan Jenis Obligasi, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Waluyo, Indarto dan Subroto J. 2007. Ekonomi Kontekstual: Untuk SMA & MA Kelas XI. Surakarta: Mediatama.
zzzz...
Back To Top