Pengertian Masyarakat Menurut para Ahli

Pengertian Masyarakat Menurut para Ahli | Istilah masyarakat adalah terjemahan dari kata society (Inggris). Sedangkan istilah society berasal dari bahasa Latin socious yang berarti "kawan". Secara umum, pengertian masyarakat adalah sekelompok individu yang memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya serta lembaga yang khas. Masyarakat juga bisa didefinisikan sebagai kelompok orang yang terorganisasi karena memiliki tujuan bersama. Masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang saling bergaul atau saling berinteraksi secara tetap memiliki kepentingan yang sama. Masyarakat terbentuk karena manusia menggunakan pikiran, perasaan, dan keinginannya dalam memberikan reaksi terhadap lingkungannya.

pengertian masyarakat
pengertian masyarakat
Berikut ini beberapa pengertian masyarakat yang dikemukakan oleh para Ahli:
  • Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm: Masyarakat adalah sejumlah besar orang yang tinggal dalam wilayah yang sama, relatif independen dari orang-orang di luar wilayah itu, dan memiliki budaya yang relatif sama.
  • John J. Macionis: Masyarakat adalah orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah wilayah tertentu dan memiliki budaya bersama.
  • Paul B. Horton: Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, yang hidup bersama-sama cukup lama, yang mendiami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.
  • Peter L. Berger: Masyarakat adalah suatu keseluruhan kompleks hubungan manusia yang luas sifatnya pada suatu sistem interaksi atau tindakan yang terjadi minimal dua orang yang saling mempengaruhi perilakunya.
Sekian uraian tentang Pengertian Masyarakat Menurut para Ahli, semoga bermanfaat. 
zzzz...
Back To Top