Pengertian Bulu Tangkis dan Sejarah Bulu Tangkis

Bulu tangkis (Badminton) adalah cabang olahraga yang termasuk dalam kelompok olahraga permainan. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di pinggir lapangan. Alat yang dipergunakan adalah sebuah raket sebagai alat pemukul serta shutlecock sebagai bola yang dipukul.

Pengertian Bulu Tangkis dan Sejarah Bulu Tangkis
Pengertian Bulu Tangkis
Permainan bulu tangkis dimulai dengan cara menyajikan bola atau service, yang memukul bola dari petak service kanan ke petak service kanan ke petak service kanan lawan, sehingga jalan bola menyilang. Permainan bulu tangkis ini biasanya dimainkan oleh: 1) seorang pria melawan seorang pria (tunggal putra), 2) seorang wanita melawan seorang wanita (tunggal putri), 3) sepasang pria melawan sepasang pria (ganda putra), 4) sepasang wanita melawan sepasang wanita (ganda putri), dan 5) sepasang pria/wanita melawan sepasang pria/wanita (ganda campuran).

Sejarah bulu tangkis berasal dari permainan yang bernama poona dan berasal dari India. Oleh beberapa perwira tentara Kerajaan Inggris yang menjajah India pada waktu, permainan ini dibawa ke Inggris dan dikembangkan di sana. Pada tahun 1873, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke de Beaufort di Badminton Gloucerter Shore, hingga karenanya permainan ini kemudian diberi nama badminton. Badminton atau bulu tangkis kemudian berkembang di banyak negara dan masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda.

Karena perkembangannya sangat pesat, maka perlu didirikan organisasi internasional untuk mengatur kegiatan bulu tangkis internasional dan diberi nama International Badminton Federation (IBF) pada tanggal 5 Juli 1934 yang beranggotakan persatuan-persatuan bulu tangkis dari beberapa negara. Di Indonesia dibentuk organisasi induk bulu tangkis tunggal nasional, yaitu Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada tanggal 5 Mei 1951. Kemudian pada tahun 1953, Indonesia menjadi anggota IBF dan dengan demikian berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan internasional.

Sekian uraian tentang Pengertian Bulu Tangkis dan Sejarah Bulu Tangkis, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : Olahraga
Back To Top