Pengertian Transpirasi Tumbuhan

Pengertian Transpirasi Tumbuhan | Transpirasi dalam bahasa Latin "Trans" berarti "melintasi" dan "Spirare" berarti "mengisap". Pengertian transpirasi tumbuhan adalah suatu proses penguapan atau pelepasan uap air pada tumbuhan melalui stomata, kutikula, dan lentisel. Aliran molekul air ini berasal dari akar, batang, dan akhirnya ke daun lewat xilem. Adanya kegiatan transpirasi daun menyebabkan daun memiliki daya isap terhadap air dan zat-zat terlarut di dalamnya dari batang maupun akar. Daya-daya yang menyebabkan air naik dari akar ke batang hingga ke daun, yaitu:

Transpirasi Tumbuhan
  • Adanya tekanan akar sekalipun hanya menaikkan aliran air dalam beberapa meter saja.
  • Adanya daya kohesi dan adhesi antarmolekul air dengan dinding kapiler xilem.
  • Adanya daya kapiler xilem (pembuluh kayu) sekalipun hanya dapat setinggi beberapa puluh meter.
  • Adanya daya isap daun sehingga memperlancar aliran molekul air dari akar ke batang hingga dikeluarkan dari daun melalui stomata atau kutikula.
Dampak positif dari kegiatan transpirasi tersebut adalah zat-zat yang terlarut dalam air tanah, berupa garam-garam tanah dan zat hara lainnya ikut terisap ke tubuh tanaman untuk keperluan hidupnya.

Sekian uraian tentang Pengertian Transpirasi Tumbuhan. Silahkan lihat daftar pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top