Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Menurut Biologi

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Menurut Biologi | Pengertian pertumbuhan dalam ilmu biologi adalah pertambahan ukuran dan jumlah sel yang mengakibatkan bertambah besarnya ukuran tubuh makhluk hidup. Pertumbuhan bersifat ireversibel, artinya makhluk hidup yang tumbuh tidak dapat kembali ke ukuran semula. Sedangkan, pengertian perkembangan dalam ilmu Biologi adalah proses menuju kedewasaan yang ditandai dengan terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan menyebabkan terjadinya perubahan bentuk pada tubuh dan bersifat kualitatif.

Misalnya, pada pertumbuhan dan perkembangan hewan dimulai sejak terbentuknya zigot. Zigot terbentuk dari peristiwa fertilisasi (pembuahan), yaitu sel kelamin jantan (spermatozoa) dan sel kelamin betina (ovum). Satu sel zigot akan tumbuh dan berkembang hingga terbentuk embrio. Embrio akan berdiferensiasi sehingga terbentuk berbagai macam jaringan dan organ. Organ-organ akan menyatu dan bergabung menjadi janin. Janin akan dilahirkan sebagai bayi. Kemudian, bayi tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak, remaja, dan dewasa. Pada siklus hidup hewan tertentu, terjadi perubahan bentuk tubuh dari embrio sampai dewasa. Perubahan bentuk tubuh ini disebut metamorfosis. Metamorfosis dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi gen dan hormon. Faktor eksternal meliputi air, makanan, dan cahaya.

Sekian uraian tentang Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Menurut Biologi, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top