Pengertian Proses Keperawatan Menurut Ahli

Pengertian Proses Keperawatan Menurut Ahli | Keperawatan adalah suatu bentuk layanan kesehatan profesional dan bagian integral dari layanan kesehatan yang berlandaskan ilmu dan kiat keperawatan berbentuk bio, psiko, sosial, dan spritual. Layanan keperawatan kepada klien dilakukan dengan menggunakan metode proses keperawatan. Penerapan proses keperawatan dalam asuhan keperawatan untuk klien merupakan salah satu wujud tanggung jawab perawat terhadap klien. Lantas, apa pengertian proses keperawatan? 

Pengertian Keperawatan
Berikut ini beberapa Pengertian Proses Keperawatan Menurut Ahli:
  • Pengertian Proses Keperawatan Menurut Yura Walsh (1978): Proses keperawatan adalah langka-langkah sistematis untuk menentukan dan merencanakan penyelesaian masalah klien; lalu mengimplementasikan dan mengevaluasi apakah rencana yang dibuat cukup efektif dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.
  • Pengertian Proses Keperawatan Menurut Wolf, Weitzel, dan Fuerst (1979): Proses keperawatan adalah serangkaian perbuatan atau tindakan penetapan, perencanaan, dan pelaksanaan pelayanan keperawatan untuk membantu klien dalam mencapai dan memelihara kesehatannya seoptimal mungkin.
  • Pengertian Proses Keperawatan Menurut Depkes RI dan JICA (1982): Proses keperawatan adalah suatu proses penilaian masalah yang dinamis dalam usaha memperbaiki atau memelihara pasien (klien) sampai ke taraf optimum melalui suatu pendekatan yang sistematik untuk mengenal dan membantu pemenuhan kebutuhan khusus klien.
  • Pengertian Proses Keperawatan Menurut Yura Walsh (1983): Proses keperawatan adalah suatu tahapan desain tindakan untuk memenuhi tujuan keperawatan. Tahapannya meliputi tindakan mempertahankan kesehatan klien dalam keadaan optimal.
  • Pengertian Proses Keperawatan Menurut Gordon (1994): Proses keperawatan adalah suatu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
  • Pengertian Proses Keperawatan Menurut Potter dan Perry (1997): Proses keperawatan adalah suatu pendekatan untuk pemecahan masalah yang membuat perawat dapat merencanakan dan memberikan asuhan keperawatan. Tahapannya meliputi: pengkajian diagnosis keperawatan, perencanaan (termasuk identifikasi hasil yang diperkirakan), implementasi, dan evaluasi.
  • Pengertian Proses Keperawatan Menurut Carpenito dan Moyet (2007): Proses keperawatan adalah teknik pemecahan masalah yang meliputi: pengkajian, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Sekian uraian tentang Pengertian Proses Keperawatan Menurut Ahli, semoga bermanfaat. 

Referensi:
  • Asmadi. 2005. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: EGC.
  • Haryanto. 2007. Konsep Dasar Keperawatan dengan Pemetaan Konsep. Jakarta: Salemba Medica.
zzzz...
Tag : kesehatan
Back To Top