Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli

lembaga sosial merupakan terjemahan dari istilah bahasa Inggris social institution yang merujuk pada dua pengertian, yakni sistem nilai dan norma-norma sosial serta bentuk atau organ sosial. Pengertian lembaga sosial banyak ditemukan dalam kajian ilmu sosiologi. Dalam bahasa Indonesia, para ahli belum sepakat untuk menerjemahkan social institution ini ke dalam suatu istilah yang baku. Pada umumnya mereka menerjemahkannya berdasarkan aspek mana yang lebih diutamakan. Umumnya, social institution diartikan sebagai lembaga kemasyarakatan. Kata lembaga dianggap tepat karena menunjuk pada suatu bentuk dan juga mengandung pengertian abstrak tentang adanya kaidah-kaidah. Pengertian lembaga lebih menunjuk pada sesuatu bentuk, sekaligus juga mengandung pengertian yang abstrak tentang adanya norma-norma dan peraturan tertentu yang menjadi ciri lembaga tersebut.
Pengertian Lembaga Sosial
Ada beberapa pengertian lembaga sosial menurut para ahli. Seperti apa pengertian lembaga sosial menurut mereka? Berikut ini pembahasannya:
  • Pengertian Lembaga Sosial Paul Horton dan Chester L. Hunt: Lembaga sosial adalah sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.
  • Pengertian Lembaga Sosial Peter L. Berger: Lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.
  • Pengertian Lembaga Sosial Mayor polak: Lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem peraturan-peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang penting.
  • Pengertian Lembaga Sosial W. Hamilton: Lembaga sosial adalah tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi pelbagai derajat sanksi.
  • Pengertian Lembaga Sosial Robert Maclver dan C. H. Page, lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.
  • Pengertian Lembaga Sosial Leopold Von Wiese dan Becker: Lembaga sosial adalah jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu dan kelompoknya.
  • Pengertian Lembaga Sosial Koentjaraningrat: Lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia.
  • Pengertian Lembaga Sosial Soerjono Soekanto: Lembaga sosial adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.
Sekian uraian tentang Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli, semoga bermanfaat. 
zzzz...
Back To Top