Pengertian Investasi

Pengertian Investasi adalah suatu bentuk pengeluaran modal bertujuan melakukan  pembelian (asset) fisik seperti pabrik, mesin, peralatan, dan persediaan, yaitu investasi fisik atau riil. Dalam pengertian yang lain, Investasi merupakan komitmen atas dana atau sumber daya lainnya yang ada pada saat ini, dengan tujuan akan mendatangkan keuntungan di masa datang. Dalam analisis ekonomi, istilah investasi khususnya dapat dihubungkan dengan investasi fisik dimana Investasi fisik menciptakan aset baru yang akan meningkatkan kapasitas produksi suatu negara, sementara investasi keuangan hanya memindahkan kepemilikan dari yang ada dari seseorang atau lembaga kepada yang lain.
Pengertian Investasi
Istilah investasi bisa berkaitan dengan berbagai macam aktivitas. Menginvestasikan sejumlah dana pada aset real (tanah, emas, mesin, obligasi) maupun aset finansial (deposito, saham ataupun obligasi) merupakan aktivitas investasi yang umumnya dilakukan. Bagi investor yang lebih pintar dan lebih berani menanggung resiko, aktivitas investasi yang mereka lakukan juga bisa mencakup investasi pada aset-aset finansial lainnya yang lebih kompleks seperti warrants, option, dan futures maupun ekuitas internasional.

ada beberapa pihak yang melakukan kegiatan investasi, biasa disebut investor. Investor umumnya dapat digolongkan menjadi dua, yaitu ada "investor individual" (individual retail investor) dan "investor institusional" (institutional investor). Investor individual terdiri dari perusahaan-perusahaan asuransi, lembaga penyimpanan dana (bank dan lembaga simpan pinjam), lembaga dana pensiun, maupun perusahaan investasi. Investasi juga mempelajari bagaimana mengelola kesejahteraan investor (investor's wealth). Kesejahteraan dalam konteks investasi berarti kesejahteraan yang sifatnya moneter. Kesejahteraan moneter bisa ditunjukkan oleh adanya penjumlahan pendapatan yang telah dimiliki saat ini dan nilai saat ini (present value) untuk pendapatan di masa datang.

Sekian uraian tentang Pengertian Investasi, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Tandelilim, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi. Kanisius: Yogyakarta.
zzzz...
Back To Top