Pengertian Bounding Attachment Menurut Ahli

Pengertian Bounding Attachment Menurut Ahli | Dalam ilmu kebidanan, terdapat istilah Bounding Attachment. Bounding Attachment adalah suatu ikatan yang terjadi antara orang tua dan bayi baru lahir, yang meliputi pemberian kasih sayang dan pencurahan perhatian yang saling tarik-menarik. Selain itu, pengertian bounding attachment adalah suatu proses sebagai hasil dari suatu interaksi terus-menerus antara bayi dan orang tua yang bersifat saling mencintai serta memberi keduanya pemenuhan emosional dan saling membutuhkan. Ada banyak pengertian tentang bounding attachment yang telah dikemukakan oleh para ahli. Seperti apa pengertian bounding attachment menurut mereka?

Pengertian Bounding Attachment
Berikut ini beberapa Pengertian Bounding Attachment Menurut Ahli:
  • Pengertian Bounding Attachment Subroto (2002): Bounding Attachment adalah sebuah peningkatan hubungan kasih sayang dengan keterikatan batin antara orang tua dan bayi.
  • Pengertian Bounding Attachment Perry (2002): Bounding adalah proses pembentukan Attachment atau membangun ikatan, sedangkan Attachment adalah suatu ikatan khusus yang dikarakteristikkan dengan kualitas-kualitas yang terbentuk dalam hubungan orang tua dan bayi.
  • Pengertian Bounding Attachment Parmi (2000): Bounding Attachment adalah suatu usaha untuk memberikan kasih sayang dan suatu proses yang saling merespons antara orang tua dan bayi lahir.
  • Pengertian Bounding Attachment Brozelton (1995): Bounding Attachment adalah permulaan saling mengikat antara orang-orang seperti antara orang tua dan anak pada pertemuan pertama.
  • Pengertian Bounding Attachment Bennet dan Brown (1999): Bounding adalah terjadinya hubungan orang tua dan bayi sejak awal kehidupan, sedangkan attachment adalah pencurahan kasih sayang di antara individu.
  • Pengertian Bounding Attachment Nelson (1986): Bounding adalah dimulainya interaksi emosi sensorik fisik antara orang tua dan bayi segera setelah lahir, sedangkan attachment adalah ikatan yang terjalin di antara individu yang meliputi pencurahan perhatian, yaitu hubungan emosi dan fisik yang akrab.
  • Pengertian Bounding Attachment Klause dan Kennel (1983): Bounding Attachment adalah interaksi orang tua dan bayi secara nyata, baik fisik, emosi, maupun sensori pada beberapa menit dan jam pertama segera setelah bayi lahir.
Sekian uraian tentang Pengertian Bounding Attachment Menurut Ahli, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Bahiyatun. 2008. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta: EGC.
zzzz...
Tag : kesehatan
Back To Top