Pengertian Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter adalah kebijakan otoritas moneter (BI) dalam mengatur penawaran uang (jumlah uang beredar) dan tingkat bunga. Kebijakan ini dilaksanakan oleh Bank Sentral. Melalui kebijakan moneter Bank Sentral dapat mempertahankan, menambah, mengurangi jumlah uang beredar dalam upaya mempertahankan kemampuan pertumbuhan ekonomi, sekaligus mengendalikan inflasi dalam perekonomian suatu negara.

Pengertian Kebijakan Moneter
Jika yg dilakukan adalah menambah jumlah uang beredar, pemerintah dikatakan menempuh kebijakan moneter ekspansif (monetary expansive). Sebaliknya jika jumlah uang beredar dikurangi, pemerintah menempuh kebijakan moneter kontraktif (monetary contractive). Istilah lain untuk kebijakan moneter kontraktif adalah kebijakan uang ketat (tight money policy).

Kebijakan moneter dibedakan atas kebijakan yg bersifat kuantitatif dan kebijakan yg bersifat kualitatif. Kebijakan moneter kuantitatif adalah kebijakan umum yg bertujuan untuk memengaruhi jumlah uang beredar dan tingkat bunga dalam perekonomian. Adapun kebijakan kualitatif bersifat kebijakan terpilih atas beberapa aspek masalah moneter yg dihadapi pemerintah.

Sekian uraian tentang Pengertian Kebijakan Moneter, semoga bermanfaat.
zzzz...
Back To Top