Pengertian Berita dan Pengertian Editorial

Pengertian Berita dan Pengertian Editorial | Berita adalah peristiwa/kejadian yang terkini (aktual). Suatu peristiwa bisa disebut berita apabila sudah dilaporkan. Berita merupakan fakta atau informasi dari peristiwa yang disiarkan. Peristiwa yang masih terserak di lapangan dan belum disiarkan, tidak bisa disebut berita. Penyampaian berita berkerangka enam pokok penting, yaitu what (apa), who (siapa), where ( di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Keenam pertanyaan ini lazim ditempakan di bagian awal pemberitaan sebagai bagian yang secepatnya harus diketahui pemirsa.

Pengertian Berita
Bagian awal berita sering pula disebut pokok berita atau lead. Pokok berita memaparkan klimaks kejadian secara ringkas, lengkap, dan jelas. Jadi, pokok berita sifatnya ringkas, tetapi menjawab segenap pertanyaan 5W + 1H: apa peristiwanya, siapa yang mengalami, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana suasana atau akibatnya. Bagian berikutnya sampai selesai adalah bagian uraian yang menerangkan kejadian-kejadian yang mendahului klimaks: duduk perkaranya, penjelasan secara luas, perhitungan-perhitungan dengan angka, dan sebagainya. Susunan inilah yang disebut susunan piramida terbalik berita, yang memudahkan orang lekas menangkap pokok berita. Bahkan bila tidak sempat membaca seluruh berita, cukuplah menyimak lead-nya saja sebab lead itu sudah mencakup seluruh berita.

Sedangkan, pengertian editorial adalah karangan pokok dalam surat kabar atau majalah. Editorial dapat pula didefenisikan sebagai kolom khusus dalam surat kabar yang berisikan tanggapan media yang bersangkutan terhadap satu peristiwa aktual. Tanggapan tersebut bisa berupa dukungan, pujian, kritikan bahkan cemoohan. Editorial banyak mengemukakan pendapat-pendapat atau opini. Pendapat-pendapat itu berdasarkan analisis terhadap peristiwa atau fakta yang terjadi, yang menjadi sorotan penting media itu.

Sekian uraian tentang Pengertian Berita dan Pengertian Editorial, semoga bermanfaat.
zzzz...
Back To Top