Pengertian Biologi: Apa itu Biologi?

Pengertian Biologi: Apa itu Biologi? | Istilah Ilmu Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “bios” yang berarti hidup dan “logos” yang berarti ilmu. Jadi, Pengertian Biologi adalah ilmu tentang kehidupan. Kajian Ilmu Biologi sangatlah luas. Ilmu Biologi berbicara tentang semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Ilmu Biologi pun mengungkap keterkaitan di antara berbagai makhluk hidup. Ilmu Biologi mengungkap keterkaitan antara makhluk hidup, makhluk tak hidup, dan banda mati. Apakah terdapat keterkaitan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup? Ilmu Biologi tidak hanya membicarakan kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan saja. Ilmu Biologi mengungkap kehidupan di samudera yang dalam dan luas. Ilmu Biologi menyibak kehidupan hutan belantara. Ilmu Biologi juga menjadi media untuk menyejahterakan kehidupan manusia melalui penemuan bibit unggul, penemuan obat-obatan, serta pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Pengertian Biologi
Sesuai dengan sifat ilmu sains lainnya, Ilmu Biologi memiliki ciri tentatif. Artinya, Ilmu Biologi akan terus berubah sesuai dengan perkembangan waktu. Contohnya, dalam penemuan virus mosaik. Awalnya para ilmuwan Ilmu Biologi menyimpulkan bahwa penyebab penyakit mosaik pada daun tembakau adalah bakteri yang berukuran sangat kecil. Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi dan perkembangan waktu, ternyata penyebab dari penyakit mosaik pada daun tembakau tersebut adalah virus.

Perubahan yang terjadi pada Ilmu Biologi tersebut dipengaruhi oleh penemuan baru, perkembangan ilmu lain yang terkait, atau perkembagan teknologi. Misalnya, penemuan mikroskop elektron telah memungkinkan dilakukannya pengamatan terhadap objek ilmu Biologi yang tidak teramati oleh mikroskop cahaya. Ciri lain Ilmu Biologi adalah berlaku universal. Pengetahuan atau teoriyang diungkapkan dalam Ilmu Biologi berlaku untuk seluruh dunia. Contohnya, pengetahuan tentang bakteri berlaku umum untuk semua bakteri yang ada di dunia. Pengetahuan tentang DNA dipelajari sama di seluruh dunia. Dapatkah Anda memberikan contoh yang lainnya?

Ilmu Biologi mampu memecahkan suatu permasalahan secara ilmiah. Dalam sejarah kehidupan manusia, banyak sekali permasalahan kemanusian yang diselesaikan dengan landasan Ilmu Biologi. Misalnya, bagaimana meningkatkan hasil pertanaian untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Untuk menjawab permasalahan tersebut, melalui Ilmu Biologi, ditemukan bibit unggul atau pupuk yang akan memberikan hasil maksimal. Dalam pemecahan suatu masalah, Ilmu Biologi memiliki cara kerja yang tersusun secara sistematis berdasarkan bukti. Pemecahannya tersebut dinamakan juga metode ilmiah. Di dalam metode ilmiah segala permasalahan dipecahkan secara sistematis. Para ilmuwan Ilmu Biologi, menggunakan metode ilmiah untuk melakukan observasi suatu hipotesis (dugaan sementara) dalam usahanya menjelaskan suatu fenomena alam berdasarkan bukti di lapangan.

Sekian uraian tentang Pengertian Biologi: Apa itu Biologi?, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top