Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau perangkat keras komputer adalah suatu komponen yg bersifat fisik. Komponen ini merupakan suatu komponen yg dapat dilihat dan disentuh. Beberapa macam hardware komputer di antaranya adalah CPU, monitor, mouse, keyboard, printer, speaker, dan scanner. Perangkat-perangkat tersebut mempunyai fungsi tertentu, misalnya sebagai alat input, alat proses, media penyimpanan data, atau alat output. Jadi, berdasarkan pengertian hardware tersebut, dapat kita katakan bahwa hardware pada komputer berupa tampilan fisik dari sebuah komputer.

Pengertian Hardware
  • Alat Input (Input): Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga dapat berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage. Perangkat keras yg termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon.
  • Central Processing Unit (CPU): Central processing unit (CPU) merupakan perangkat keras yg berfungsi sebagai alat proses, baca selengkapnya tentang CPU pada postingan Pengertian CPU (Central Processing Unit).
  • Media Penyimpanan Data: Media penyimpanan data pada komputer terdiri dari harddisk, CD/DVD drive, dan floopy drive. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing perangkat tersebut.
  • Alat Output (Keluaran): Perangkat keras komputer yg berfungsi sebagai alat keluaran (output) di antaranya adalah monitor, speaker, dan printer.
Sekian uraian tentang Pengertian Hardware (Perangkat Keras), semoga bermanfaat. 
zzzz...
Back To Top