Kisah David Karp, Pendiri Tumblr

Kisah David Karp, Siswa Drop-Out Pendiri Tumblr

Ada banyak layanan blogging yang tersedia di internet saat ini.Wordpress,Blogger,dan Typepad adalah beberapa layanan blogging yang sangat populer saat ini. Selain itu, baru-baru ini ada alayanan baru yang langsung digemari jutaan orang di seluruh dunia karena kemudahan dan kesimpelannya, Tumblr. 
Tumblr adalah layanan blogging yang unik karena kala ia diluncurkan, pemiliknya adalah seorang pemuda yang baru berusia 21 tahun. Ialah David Karp yang ada di balik kesuksesan Tumblr yang siap menumbangkan platform blogging yang telah mapan seperti Typepad dan Blogger.
Nah, kali ini Gelora Sriwijaya mengajak kita semua untuk mempelajari dan megambil hikmah dari kisah sukses David Karp. Seorang pemuda yang mampu menciptakan kerajaan bisnis senilai sekitar Rp7,2 Triliun yang dikutip dari Entrepreneur Success Stories,Jumat (6/7/12).
David Karp adalah seorang entrepreneur muda sekaligus pendiri layanan unik perpaduan microblogging dan social network yang dikenal dengan Tumblr di tahun 2007.Sebelum mendirikan Tumblr, Karp adalah Chief Technology Officer di UrbanBaby.com.
Yang sangat saya kagumi dari seorang David Karp adalah ia dengan berani keluar dari sekolahnya saat ia masih berusia 15 tahun. Sesuatu yang sangat mengagumkan dari seorang remaja yang bahkan belum tahu ingin menjadi apa. Namun David Karp dengan segera menemukan jalan hidupnya. Ia akan menjadi seorang teknopreneur.
Setelah 2 tahun berhenti dari sekolah,Karp merasa sedikit putus asa. Ia pun akhirnya pergi ke Jepang dan menetap disana selama 5 bulan. Bertahun-tahun berkelana, akhirnya kejayaan pun mulai datang pada Karp. CNET membeli UrbanBaby pada 2006. Pembelian itu akhirnya membuat Karp memiliki banyak uang untuk memulai proyeknya sendiri.
Karp menciptakan Tumblr yang merupakan gabungan dari Facebook dan Twitter. Tumblr memiliki keunikan yaitu posting yang pendek,dan dapat diintegrasikan dengan berbagai platform lain yang membuat penggunanya merasa nyaman menggunakan Tumblr.
Ide untuk menciptakan Tumblr datang ketika Karp merasakan ada sesuatu yang kurang ketika ia blogging menggunakan Wordpress, Blogger,dan Typepad. Karp tidak dapat menemukan platform yang membuatnya merasa itulah identitasnya. Tahun 2005,Karp menemukan sebuah Tumbleog bernama Projectionist. Projectionist membiarkan pengguna mengkombinasikan berbagai macam platform dalam sebuah blog.
Akhirnya Karp pun mulai membangun Tumblr dan akhirnya mampu mencapai sukses seperti sekarang. Saat ini Tumblr melayani sekitar 12,5 miliar page views per bulannya. Kesuksesan Karp diusianya yang masih muda tentu menarik banyak perhatian. Ia dinobatkan sebagai Best Young Tech Entrepreneur 2009 by BusinessWeek. Ia juga terpilih sebagai satu dari 35 top inovator dunia dibawah usia 35 oleh MIT.
Tumblr telah memiliki 40 juta-an blog, dan saat ini Tumblr bikinan seorang pemuda belia berharga $800 juta (Rp7,2 Triliun)
zzzz...
Tag : enterprenur
Back To Top