Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol

Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol | Asal kata kolesterol berasal dari bahasa Yunani, chole yang berarti empedu, dan stereo yang berarti padat. Istilah kolesterol ini pertamakali diperkenalkan pada abad ke-18, di mana kolesterol saat itu ditemukan pada batu empedu. Kolesterol erat hubungannya dengan lemak, karena kolesterol ini memang termasuk dalam keluarga lemak. Namun meskipun begitu, bentuk kolesterol tidaklah sama dengan lemak. Kolesterol merupakan senyawa lemak berbentuk seperti lilin berwarna kekuningan. Kolesterol ditemukan pada setiap sel yang ada di dalam tubuh, merupakan zat penting bagi pembentukan organ-organ yang ada di dalam tubuh.

Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol
Kolesterol
Fungsi kolesterol bagi tubuh adalah untuk membantu tubuh membentuk sel-sel sehat. Kolesterol juga berfungsi membantu pembentukan hormon dan juga asam empedu. Tanpa adanya kolesterol pada sel-sel tubuh, jaringan-jaringan di dalam tubuh akan terbentuk kurang kuat dan kurang stabil, hal ini dapat membahayakan tubuh secara keseluruhan. Demikian pula dengan sel-sel tubuh, dibutuhkan kolesterol untuk membangunnya agar kuat. Bila sel tubuh tidak kuat, maka tubuh pun akan mudah rapuh. Itulah fungsi kolesterol yang ada dalam tubuh kita.

Jenis kolesterol dalam tubuh terbagi dalam 3 (tiga) jenis. Jenis-jenis kolesterol tersebut tersusun dari kolesterol, protein, dan trigliserida. Tetapi dalam tiap jenis kolesterol susunan ketiga faktor yang menyusunnya itu memiliki jumlah yang berbeda. Jenis kolesterol yang dimaksud antara lain sebagai berikut:
  • Kolesterol LDL: Kolesterol LDL adalah singkatan dari kolesterol Low Density Lipoprotein. Kolesterol memiliki jumlah kolesterol yang terbanyak dibanding protein dan trigliserida. Kolesterol LDL ini berfungsi untuk menyebarkan kolesterol yang telah diproduksi oleh sel hati ke jaringan-jaringan tubuh.
  • Kolesterol VLDL: Kolesterol VLDL adalah singkatan dari kolesterol Very Low Density Lipoprotein. Kolesterol VLDL memiliki jumlah trigliserida yang terbanyak dibanding protein dan kolesterol. VLDL memiliki sifat seperti kolesterol LDL tetapi kandungan terbesar yang dimilikinya bukan kolesterol tetapi trigliserida, sebagai salah satu jenis lemak yang ada di dalam darah.
  • Kolesterol HDL: Kolesterol HDL adalah singkatan dari kolesterol High Density Lipoprotein. Kolesterol HDL memiliki jumlah protein yang terbanyak dibandingkan trigliserida dan juga kolesterol.
Sekian uraian tentang Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Graha, Chairinniza. 2010. 100 Questions & Answers: Kolesterol. Jakarta: Elex Media Komputindo.
zzzz...
Tag : kesehatan
Back To Top