Pengertian Biografi: Apa itu Biografi?

Pengertian Biografi: Apa itu Biografi? | Pernahkah Anda membaca sebuah biografi? Biografi biasanya bercerita tentang riwayat hidup seseorang. Istilah biografi berasal dari bahasa Yunani biographia, kemudian diserap ke dalam bahasa Latin dan Prancis sekitar abad ke-17. Biografi berarti "tulisan tentang hidup". Pengertian ini terbentuk karena istilah biografi merupakan gabungan dari kata bios (hidup) dan graphein (menulis). Biografi dapat juga berarti sebagai cerita tentang hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Sedangkan, jika ditulis sendiri disebut autobiografi. 

Pengertian Biografi: Apa itu Biografi?
Pengertian Biografi
Biografi biasanya dipublikasikan dalam bentuk buku, film, atau program televisi. Biografi merupakan pengisahan secara artistik tentang kesadaran, tingkah laku, dan sikap seseorang. Gaya penceritaan biografi dapat berupa pemaparan biasa tentang seluruh kehidupan secara utuh (dari lahir hingga wafat) atau kadang juga ditulis dengan gaya sastra yang menarik. Biografi sengaja dibuat untuk memberikan kesan mendalam tentang kepribadian tokoh yang menjadi objek dalam biografi.

Tokoh yang diceritakan dalam sebuah biografi umumnya memuat pokok-pokok penting, seperti:
  • Riwayat singkat tokoh (nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan).
  • Gagasannya atau kegiatan penting yang pernah dilakukan.
  • Sikap dan tindakannya, dan
  • Keteladanan
Sekian uraian tentang Pengertian Biografi: Apa itu Biografi?. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.
zzzz...
Back To Top