Pengertian Difusi dalam Biologi

Pengertian Difusi dalam Biologi | Istilah difusi berasal dari bahasa Latin Diffundere yang artinya "menyebar". Dalam ilmu Biologi, pengertian difusi adalah suatu proses menyebarnya molekul-molekul zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah ke konsentrasi yang tidak terpengaruh oleh faktor konsentrasi larutan, tetapi hanya diperlukan energi pengaktifan saja yang disebut transpor aktif. Proses difusi dalam pengangkutan zat melalui membran sel terdapat dua jenis, yaitu difusi sederhana dan difusi dengan fasilitas.
  • Difusi Sederhana: Mekanisme pengangkutan zat secara difusi sederhana adalah zat terangkut dari gradien/daerah yang konsentrasinya lebih tinggi ke gradien yang konsentrasinya lebih rendah dengan jumlah molekul terbatas.
  • Difusi dengan Fasilitas: Mekanisme pengangkutan zat secara difusi dengan fasilitas adalah zat tersalurkan melalui fasilitas tertentu seperti adanya pori-pori membran atau zat karier (zat pembawa). Mekanisme pengangkutannya hampir sama dengan difusi sederhana, hanya proses pengangkutannya dibantu oleh adanya protein pembawa sebagai zat karier atau ion tertentu (seperti ion Na+) atau memanfaatkan zat penyusun membran sel (molekul lemak dan protein karier). Protein karier memiliki perlekatan dengan molekul zat yang diangkutnya. Cara-cara pengangkutannya dapat secara rotasi (berputar dengan molekul lemak yang menyusun membran sel), lewat pori-pori membran yang dibentuk oleh protein saluran.
Sekian uraian tentang Pengertian Difusi dalam Biologi, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top