Jenis Jenis Narkoba

Jenis Jenis Narkoba | Terdapat berbagai jenis narkoba yang beredar dewasa ini. Orang awam hanya mengenal yang sering dipakai atau diberitakan di media massa saja seperti ekstasi, ganja, dan shabu-shabu. Padahal jenis-jenis narkoba sangat banyak dan beredar dengan mudah di tengah masyarakat. Dari jenisnya Narkoba dapat digolongkan ke dalam tiga bagian besar yaitu:
  • Narkotika: Narkotika adalah obat atau zat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun nonsintesis, yang dapat mengakibatkan penurunan atau perubahan kesadaran dan hilangnya rasa. Narkotika termasuk zat adiktif yang bekerja pada sistem saraf, dapat menghilangkan rasa sakit, dan dapat menyebabkan ketergantungan. Terdapat berbagai jenis narkotika yang beredar sekarang ini antara lain: kokain, ganja, morfin, dan heroin.
Jenis Jenis Narkoba
Jenis Jenis Narkoba
  • Psikotropika: psikotropika adalah zat atau bahan yang bekerja pada saraf pusat, dapat mengakibatkan perubahan mental dan perilaku, serta menimbulkan ketergantungan. Psikotropika terdiri dari: ekstasi (CT), shabu-shabu, lexotan, nipan, pil koplo, dan lain-lain.
  • Zat atau bahan adiktif lainnya: seperti alkohol, spirtus, bensin, lem, thiner (pelarut cat) toluene.
Sekian uraian tentang Jenis Jenis Narkoba, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Tim Visi Media. 2006. Mengenal Jenis & Efek Buruk Narkoba. Tangerang: Visimedia.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top