Pengertian Pendidikan: Apa itu Pendidikan?

Pengertian Pendidikan: Apa itu Pendidikan? | Kata pendidikan dalam bahasa Indonesia lebih mengacu pada universum nilai dan aktivitas yang lebih luas, melebihi sekedar proses belajar-mengajar di kelas. Kata pendidikan mengacu pada berbagai macam aktivitas, mulai dari yang sifatnya produktif-material sampai kreatif-spiritual, mulai dari proses peningkatan kemampuan teknis (skill) sampai pada pembentukan kepribadian yang kokoh dan integral. Secara umum, pengertian pendidikan adalah sebuah gerak progresif yang di dalamnya terdapat berbagai macam corak relasional antarsubjek yang terlibat, Sebuah kegiatan yang mampu mengembangkan karakter anggotanya. Pendidikan mengembangkan karakter melalui berbagai macam kegiatan, seperti penanaman nilai, pengembangan budi pekerti, nilai agama, pembelajaran dan pelatihan nilai-nilal moral, dll.
Pengertian Pendidikan: Apa itu Pendidikan?
Pengertian Pendidikan
Kata pendidikan memiliki kekayaan makna yang sangat luas sehingga pendefinisian lengkap atasnya menjadi tidak memungkinkan lagi. Sebuah definisi pada hakikatnya mampu membatasi pemahaman sehingga apa yang dimaksudkan menjadi jelas.Menarik, untuk menilik dan memahami bagaimana para ahli berusaha menjelaskan dan memahami pendidikan sesuai pendekatan yang menjadi titik pijak mereka. Apa kata ahli mengenai pendidikan? Berikut ini beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli:
  • Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Carlo Nanni: pendidikan adalah  sebuah pengembangan kemampuan fundamental pribadi untuk menghayati kehidupannya di dunia ini secara bebas dan bertanggung jawab, dalam kebersamaan dengan orang lain, seiring perjalanan waktu dan usia, dalam persimpangan relasi interpersonal dan dalam kehidupan sosial yang tertata dan terorganisasi secara historis.
  • Driyarkara: pendidikan adalah sebuah proses komunikasi yang autentik antarmakhluk yang berada, komunikasi eksistensia manusiawi yang autentik kepada manusia-muda supaya dimliki, dilanjutkan, dan disempurnakan. Komunikasi ini terlaksana dalam kesatuan interpersonal antara pendidik dan anak didik.
  • Martin Buber: Pendidikan adalah proses seleksi sebuah dunia yang bertindak terhadap individu melalui pribadi lain yang bertujuan membentuk pribadi memiliki karakter mulia, sehingga pendidikan tidak dapat dilepaskan dari perhatian adanya keberadaan orang lain yang ikut campur dan memengaruhi pembentukan diri.
Sekian uraian tentang Pengertian Pendidikan: Apa itu Pendidikan?, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Doni Koesoema A. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
zzzz...
Back To Top