Pengertian Metagenesis: Apa itu Metagenesis?

Pengertian Metagenesis: Apa itu Metagenesis? | Dalam ilmu Biologi, pengertian metagenesis adalah pergiliran cara perkembangbiakan makhluk hidup antara kawin (seksual) dan tidak kawin (aseksual). Peristiwa metagenesis dapat terjadi pada hewan dan tumbuhan. Contoh hewan yang mengalami metagenesis misalnya terjadi pada ubur-ubur (obelia). Proses metagenesis pada ubur-ubur diawali dengan ubur-ubur dewasa akan menghasilkan polip (tunas), bila tunas sudah dewasa akan lepas menjadi medusa yang berbentuk melayang. Medusa ini menghasilkan sel gamet. Bila 2 medusa melakukan perkawinan, sel telur yang terbuahi sperma akan membentuk zigot, zigot tumbuh menjadi polip baru. Demikian seterusnya berulang menjadi siklus hidup ubur-ubur.

Pengertian Metagenesis: Apa itu Metagenesis?
Metagenesis pada Ubur-ubur (obelia sp)
Sedangkan, metagenesis pada tumbuhan misalnya terjadi pada paku-pakuan dan ganggang. Pada tumbuhan paku, metagenesis diawali dengan pecahnya kotak spora kemudian spora akan jatuh ke tanah dan tumbuh menjadi protalium. Protalium tumbuh dan membentuk anteridium yang menghasilkan gamet jantan dan arkegonium yang menghasilkan gamet betina. Peleburan antara sel telur dan sperma akan menghasilkan zigot. Selanjutnya zigot akan tumbuh menjadi sporofit (tumbuhan paku penghasil spora). Pada lumut, metagenesisnya dimulai ketika gamet jantan bertemu dengan gamet betina akan terbentuk zigot. Selanjutnya zigot tumbuh menjadi sporofit (ganggang penghasil spora). Bila spora sudah matang makan akan berkembang menjadi gametofit jantan dan gametofit betina (ganggang penghasil gamet), demikian seterusnya berulang menjadi suatu siklus hidup ganggang.

Pada metagenesis, perubahan bentuk dari kecil menjadi besar atau bertambah besarnya individu merupakan pertumbuhan. Sedangkan perubahan bentuk dari telur menjadi individu baru merupakan proses perkembangan. Sekian uraian tentang Pengertian Metagenesis: Apa itu Metagenesis?, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top