Pengertian Kredit: Apa itu Kredit?

Pengertian Kredit: Apa itu Kredit? | Kata “Kredit” yang sering kita dengar ini dapat kita rujuk ke Bahasa Inggris, yaitu “Credit”. Arti kata Credit menurut kamus Webster adalah trustworthiness or credibility. Sedangkan Menurut Raymond P. Kent dalam buku karangannya Money and Banking, pengertian kredit adalah hak untuk menerima pembayaran atau kewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu diminta, atau pada waktu yang akan datang, karena penyerahan barang-barang sekarang. Sebagai kata benda, credible berarti dapat dipercaya. Sebenarnya, arti kata “credit” sendiri adalah hutang, tetapi bermakna lebih dari itu, yaitu penghargaan, pujian, dan lain-lain. Jika dilihat dan aspek bahasa, dapat dipahami bahwa “Credit” bukan saja berarti hutang, tetapi juga suatu bentuk dari percaya. Tentunya percaya yang dimaksud adalah bahwa pihak pemberi kredit (kreditur) mempercayai pihak penerima kredit (debitur). Jadi, perlu dipahami bahwa kredit adalah bentuk interaksi berdasarkan kepercayaan.

Pengertian Kredit: Apa itu Kredit?
Ilustrasi
Pengertian kredit menurut UU 10/1998 tentang Perbankan, Pasal 1 angka 11, adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengn pemberian bunga.

Pengertian kredit menurut Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/2/PBI/2005 tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum (selanjutnya disebut PBI 7/2005), Pasal 1 angka 5, adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga, termasuk:
  • Cerukan (overdraft), yaitu saldo negatif pada rekening giro nasabah yang tidak dapat dibayar lunas pada akhir hari;
  • Pengimbilalihan tagihan dalam rangka kegiatan anak piutang;
  • Pengambilalihan atau pembelian kredit dari pihak lain.
Sekian uraian tentang Pengertian Kredit: Apa itu Kredit?, semoga bermanfaat. 
Referensi:
  • Dasar-dasar Perkreditan - Thomas Suyatno dkk.
zzzz...
Back To Top