Contoh Surat Lamaran Kerja/Pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Kerja/Pekerjaan | Surat lamaran kerja adalah surat yang ditulis oleh para pencari kerja dalam melamar suatu pekerjaan di suatu instansi atau perusahaan tertentu. Surat lamaran pekerjaan ini termasuk ke dalam jenis surat pribadi. Hal yang harus diperhatikan dalam surat lamaran kerja yaitu penggunaan bahasa yang lugas, sopan, dan wajar. Selain itu pelamar kerja harus menyebut dirinya dengan kata ganti saya, bukan kami; dan menyebut pejabat/pemimpin instansi atau perusahaan dengan sapaan Bapak/Ibu, bukan Saudara/Anda. Sebelum membuat surat lamaran kerja, hal-hal yang harus diperhatikan dan dituangkan ke dalam surat lamaran kerja yaitu:
  • Tempat dan tanggal penulisan surat,
  • Pokok surat,
  • Alamat surat,
  • Salam pembukan,
  • Pembuka,
  • Isi
Berikut ini contoh surat lamaran pekerjaan. Perhatikan kalimat pembuka, indentitas pribadi, serta kalimat penutup dalam surat lamaran kerja berikut:

Contoh Surat Lamaran Kerja/Pekerjaan
Ilustrasi
Contoh Surat Lamaran Kerja/Pekerjaan

Bantaeng, 22 April 2014
Lampiran: Empat Lembar
Hal: Lamaran Pekerjaan
Yth
Manajer Personalia PT Zakapedia
di Bantaeng

Dengan hormat,

Dalam iklan yang ditayangkan di Zaka TV tanggal 21 April 2014, saya melihat bahwa PT Zakapedia sedang membutuhkan seorang karyawan untuk posisi Manajer. Lamaran tersebut sangat menarik. Berdasarkan syarat-syarat yang disebutkan dalam iklan, saya bermaksud mengajukan lamaran.

Berikut ini data pribadi saya.
  • Nama: Nur Afdan
  • Tempat, tanggal lahir: Bantaeng, 21 April 1988
  • Alamat: Jln. Bungung Barania No. 34 Bantaeng
  • Pendidikan: Sarjana Fisika
Bersama surat ini saya lampirkan pula daftar riwayat hidup, pas foto, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, fotokopi sertifikat pelatihan, dan surat keterangan berkelakuan baik.

Besar harapan saya jika dapat bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

ttd

Nur Afdan

Sekian uraian tentang Contoh Surat Lamaran Kerja/Pekerjaan. Baca juga contoh surat selanjutnya tentang Contoh Surat Rekomendasi Terbaru, semoga bermanfaat. 
zzzz...
Tag : Contoh Surat
Back To Top