Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem Peredaran Darah Manusia | Sistem peredaran darah (transportasi) pada manusia tersusun atas tiga bagian utama, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah itu sendiri. Peredaran darah dalam tubuh manusia merupakan sistem peredaran darah tertutup karena darah mengalir dalam suatu pembuluh. Dalam satu peredaran darah lengkap, darah mengalir melalui jantung sebanyak dua kali. Sistem peredaran darah pada manusia disebut juga sistem peredaran darah ganda karena meliputi peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Jadi, dalam satu kali peredaran darah lengkap, darah mengalir melalui jantung sebanyak dua kali.

Peredaran Darah Kecil: Darah yang mengalir dari bilik kanan Jantung akan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis dan kemudian kembali lagi ke serambi kiri jantung. Ketika darah berada di paru-paru, darah melepaskan CO2 dan mengambil O2. Darah yang kaya O2 ini akan dibawa menuju serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis

Sistem Peredaran Darah Kecil Manusia
Sistem Peredaran Darah Kecil Manusia

Peredaran Darah Besar: Darah yang mengalir dari bulik kiri jantung akan menuju ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. Darah kemudian akan kembali ke jantung. Ketika darah beredar di sel-sel tubuh, darah akan melepaskan O2 yang dibutuhkan untuk proses oksidasi biologi dan mengambil CO2 sebagai sisa oksidasi yang terjadi di sel-sel tubuh tersebut. Darah yang kaya CO2 ini akan dibawa menuju jantung melalui pembuluh balik besar.

Sistem Peredaran Darah Besar Manusia
Sistem Peredaran Darah Besar Manusia
Sekian uraian tentang Sistem Peredaran Darah Manusia, semoga bermanfaat. 
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top