Pengertian Kepadatan Penduduk

Pengertian Kepadatan Penduduk | Kepadatan penduduk adalah perbandingan antara banyaknya penduduk dan luas wilayahnya. Satuan luas wilayah yang umumnya digunakan adalah km2 . Kepadatan penduduk di suatu daerah tidaklah sama. Ada beberapa macam kepadatan penduduk, yaitu kepadatan penduduk aritmatik, kepadatan penduduk agraris, kepadatan penduduk fisiologis, dan kepadatan penduduk ekonomis. Kepadatan penduduk aritmatik adalah jumlah rata-rata penduduk yang tinggal pada suatu wilayah yang luasnya 1 km2. Kepadatan penduduk aritmatik dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini:

Kepadatan Penduduk Aritmatik = Jumlah Penduduk (jiwa) : Luas Wilayah (km2)

Kepadatan penduduk agraris adalah jumlah rata-rata penduduk yang bekerja sebagai petani setiap satuan luas lahan pertanian (dalam km2). Tingkat kepadatan penduduk agraris dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini:

Kepadatan Penduduk Agraris = Jumlah Penduduk Petani (jiwa) : Luas Lahan Pertanian (km2)

Kepadatan penduduk fisiologis adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas lahan pertanian. Rumus kepadatan penduduk fisiologis:

Kepadatan Penduduk Fisiologis = Jumlah Penduduk (jiwa) : Luas Lahan Pertanian (km2)

Kepadatan penduduk ekonomis adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas lahan menurut kapasitas produksinya. Rumus kepadatan penduduk ekonomi:

Kepadatan Penduduk Ekonomi = Jumlah Penduduk (jiwa) : Luas Lahan Produksi (km2)

Sekian uraian tentang Pengertian Kepadatan Penduduk, semoga bermanfaat.
zzzz...
Back To Top