Contoh Teks Eksposisi Terbaru

Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Eksposisi adalah wacana yang memaparkan atau menjelaskan suatu hal. Olehnya itu, teks eksposisi dapat diartikan sebagai teks yang dibuat untuk memaparkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Atau, teks ekposisi bisa juga diartikan sebagai tulisan yang berusaha menerangkan atau menguraikan suatu pokok pikiran yang dianggap perlu untuk disampaikan kepada pembaca. Teks eksposisi digunakan untuk memaparkan suatu masalah atau pembicaraan secara terperinci. Melalui teks eksposisi, pembaca diharapkan dapat memperluas pengetahuan dan pandangan tentang pokok-pokok pengetatahuan dan pandangan tentang pokok-pokok yang disampaikan.

Contoh Teks Eksposisi Terbaru
Teks Eksposisi
Dalam menuliskan teks eksposisi, ada tiga syarat utama yang harus dikuasai, yaitu:
  • Menguasai apa yang akan dituliskan
  • Mampu menganalisis apa yang akan diungkapkan,
  • Mampu mengungkapkan analisisnya secara jelas dan konkret melalui bentuk bahasa yang digunakannya.
Berikut ini kami berikan contoh teks eksposisi:

Ada dua komponen utama yang sangat berperan dalam menumbuhkan asertivitas pada diri siswa. Pertama, orang tua yang merupakan figure paling dekat dengan remaja. Para remaja tersebut baru saja melewati masa kanak-kanak dan masih belum mampu untuk mandiri. Orang tua juga merupakan tempat pertama untuk belajar sosial dan membentuk berbagai macam karakter serta kemampuan pribadi remaja. Orangtua dan keluarga merupakan tempat belajar paling utama bagi remaja. Oleh karena itu, di dalam lingkungan keluarga, asertivitas dapat ditanamkan sedini mungkin oleh orangtua.

Kedua, guru sebagai motivator dan pembimbing di sekolah. Guru dapat memotivasi siswa untuk menumbuhkan potensi aservatif yan g telah dimiliki siswa dengan memberikan kesempatan untuk berbicara. Guru juga dapat menggunakan berbagai metode mengajar yang menuntut siswa untuk mengemukakan pendapatnya.

Teks eksposisi dapat juga berisi uraian langkah-langkah, cara, dan metode suatu kegiatan. Perhatikan contoh teks eksposisi berikut ini:

Merebus air tidak harus dengan api, namun dapat juga menggunakan sinar matahari. Caranya, siapkan botol dan cuci sampai bersih. Masukkan air ke dalam botol, tutup rapat, dan panaskan di bawah sinar matahari. Lama pemanasan adalah sekitar 6 jam. Setelah 6 jam, ambil botol, kemudian dinginkan sebentar sekitar 5 menit. Air siap untuk diminum.

Sekian uraian tentang Contoh Teks Eksposisi Terbaru, semoga bermanfaat.
zzzz...
Back To Top