Contoh Percobaan GLBB Galileo

Contoh Percobaan GLBB Galileo | Contoh paling terkenal tentang gerak dengan percepatan tetap (GLBB) adalah gerak jatuh bebas, yaitu gerak suatu benda di bawah pengaruh gaya gravitasi saja. Adalah Galileo Galilei yang pertama kali menunjukkan dengan percobaannya sendiri bahwa benda-benda yang jatuh bergerak dengan percepatan yang sama. Kesimpulan ini diperoleh didasarkan pada percobaan yang dilakukannya dengan bola yang menuruni bidang miring dengan kemiringan bervariasi. Dengan menggunakan sebuah bidang miring, Galileo Galilei mampu mengurangi percepatan bola, sehingga menghasilkan gerak yang pelan untuk bisa diukur dengan alat yang tersedia pada saat itu.
Contoh Percobaan GLBB Galileo
Galileo Galilei
Galileo mengetahui bahwa gesekan udara bekerja pada benda jatuh. Walau demikian, beberapa benda (beratnya berbeda) yang ia jatuhkan sampai di tanah pada saat hampir bersamaan. Legenda mengatakan bahwa saatu waktu Galileo menjatuhkan beberapa benda dari puncak menara miring Pisa, dan pengamat di tanah mencatat bahwa benda-benda itu sampai di tanah pada saat yang bersamaan. Galileo kemudian menyimpulkan bahwa benda-benda dengan berat berbeda tersebut jatuh dengan percepatan tetap yang sama.

Pada tahun 1971, versi baru percobaan ini dilaksanakan di permukaan bulan oleh astronaut David Scott. Dengan kondisi permukaan bulan yang mendekati vakum sempurna. David menjatuhkan sehelai bulu ayam dan sebuah palu. Di tonton oleh pemirsa TV di seluruh dunia terlihat bahwa keduanya menyentuh tanah pada saat bersamaan.

Sekian uraian tentang Contoh Percobaan GLBB Galileo, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top