Pengertian Pesawat Sederhana

Pengertian Pesawat Sederhana | Tahukah Anda, apa itu pesawat sederhana? Dalam fisika, pengertian pesawat sederhana adalah alat yang dapat membantu atau mempermudah pekerjaan manusia. Dalam bahasa yang berbeda, pesawat sederhana dapat diartikan sebagai alat untuk mempermudah usaha atau kerja. Jenis-jenis pesawat sederhana terdiri dari: pengungkit (tuas), katrol, bidang miring, dan roda. Berikut ini penjelasan masing-masing jenis pesawat sederhana tersebut:

1. Pengungkit (tuas)
Pengungkit atau tuas adalah pesawat sederhana yang paling tua. Alat ini terdiri atas lengan beban, lengan kuasa, dan titik tumpu.  Lengan beban adalah jarak antara titik tumpu sampai ke beban. Lengan kuasa adalah jarak antara titik tumpu sampai ke kuasa/tangan. Titik tumpu adalah titik sentuh tuas atau pengungkit pada penumpu. Tuas dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tuas jenis pertama, tuas jenis kedua, dan tuas jenis ketiga.

Pengungkit (tuas)
  • Tuas jenis pertama: Titik tumpu pada tuas jenis pertama terletak di antara kuasa dan beban, atau terletak di antara dua beban. Contoh alat tuas jenis pertama antara lain tang, papan jungkat-jungkit, neraca sama lengan, dan gunting.
  • Tuas jenis kedua: Beban pada tuas jenis kedua terletak di antara titik tumpu dan kuasa. Contoh alat tuas jenis kedua antara lain gerobag dorong roda satu, alat pemecah biji, dan alat pembuka tutup botol.
  • Tuas jenis ketiga: Kuasa pada tuas jenis ketiga terletak di antara beban dan titik tumpu. Contoh alat tuas jenis ketiga antara lain pingset.
2. Katrol
Katrol adalah sebuah benda berbentuk roda dengan bagian tepi beralur dan dapat berputar. Katrol terdiri dari 3 jenis, yaitu: katrol tetap, katrol bergerak, dan sistem katrol (katrol gabungan).

Katrol
  • Katrol tetap: Katrol ini bisa digunakan untuk kerekan timba pada sumur dan kerekan bendera.
  • Katrol bergerak: Katrol bergerak dapat menghasilkan keuntungan mekanik lebih besar dibandingkan katrol tetap. Dengan kata lain, benda yang diangkat dengan katrol bergerak akan lebih ringan dibandingkan dengan jika menggunakan katrol tetap.
  • Sistem katrol (katrol gabungan): Sistem katrol atau katrol gabungan dari beberapa katrol dapat menghasilkan keuntungan mekanik paling besar dibandingkan dengan katrol tetap dan katrol bebas. Sistem katrol ini pada umumnya digunakan untuk perlengkapan mobil derek.
3. Bidang Miring
Bidang miring adalah suatu bidang yang permukaannya miring. Bidang miring dapat digunakan untuk mempermudah kerja atau usaha, misalnya pada saat memindahkan beban yang berat dari tanah ke atas truk menggunakan bidang miring akan lebih ringan daripada ketika benda tersebut diangkat secara langsung. Keuntungan mekanik bidang miring bergantung pada kecuraman permukaan bidang miring. Semakin curam permukaan bidang miring, semakin besar gaya yang diperlukan sehingga benda yang diangkat semakin berat. Sebaliknya, semakin landai bidang miring, semakin kecil gaya yang diperlukan. Contoh alat berdasarkan prinsip bidang miring misalnya, sekrup, baji, dan jalan berliku di daerah pegunungan.

Bidang Miring
4. Roda
Roda termasuk pesawat sederhana karena dapat mempermudah usaha atau kerja. Kendaraan (sepeda, motor, dan mobil) dapat bergerak dengan mudah karena dilengkapi dengan roda.  

Roda
Sekian uraian tentang Pengertian Pesawat Sederhana. Silahkan lihat juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top