Pengertian Halusinasi dan Jenis Halusinasi

Halusinasi adalah suatu keadaan seseorang melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak nyata. Dengan kata lain, pengertian halusinasi adalah persepsi salah yang diterima oleh panca indera dan berasal dari stimulus eksternal yang biasanya tidak diinterpretasikan ke dalam pengalaman. Halusinasi dapat terjadi pada indra apa pun (pendengaran, penciuman, peraba, dll). Pada dasarnya, halusinasi tidak selalu penyakit kejiwaan. Sebagai contoh, halusinasi singkat cukup umum terjadi setelah peristiwa kematian, seseorang mengalami halusinasi seolah melihat atau mendengar orang yang meninggal. Halusinasi dapat sangat invasif, sering muncul, dan menyerang hampir semua fungsi normal, atau terjadi dalam situasi dengan sedikit stimulus pada fungsi sehari-hari. Penyebab halusinasi dapat datang dari pengaruh obat-obatan tertentu, misalnya pada pecandu narkoba.

Pengertian Halusinasi
Jenis-jenis halusinasi dapat bermacam-macam, tergantung dari indera apa yang mengalami halusinasi. Misalnya:
  • Halusinasi penglihatan: halusinasi penglihatan dapat singkat maupun terbagi-bagi, membentuk objek atau bahkan gambaran berkilau atau kompleks. Halusinasi penglihatan terutama disebabkan oleh penyakit otak organik, seperti eipilepsi lobus temporalis dan delirium, tetapi dapat juga terjadi pada skizofrenia dan psikosis fungsional lainnya.
  • Halusinasi penciuman: Halusinasi penciuman meliputi halusinasi sederhana terhadap parfum atau aroma benda terbakar, dan lainnya disertai elaborasi waham, misalnya seseorang yang dapat mencium aroma gas beracun yang dipompa ke dalam ruangan oleh orang yang dianggap akan menyerang mereka.
  • Halusinasi peraba: Halusinasi peraba meliputi perasaan yang disentuh seperti ditusuk kawat yang menyakitkan ke dalam tubuh.
  • Halusinasi pengecapan: Halusinasi pengecapan termasuk misalnya merasakan racun yang seolah-olah terdapat di dalam makanan.
Sekian uraian tentang Pengertian Halusinasi dan Jenis Halusinasi. Baca juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat 
zzzz...
Tag : Psikologi
Back To Top