Beberapa Sumber Energi Alternatif

Beberapa Sumber Energi Alternatif | Energi alternatif adalah energi pengganti yang dapat menggantikan peran minyak bumi. Energi alternatif tidak akan habis, meskipun terus menerus digunakan. Contohnya; matahari, angin, air, dan panas bumi.. Saat ini, orang-orang di seluruh dunia telah memikirkan tentang sumber energi alternatif. Beberapa sumber energi alternatif yang ada, di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Biomassa dan biodiesel: Berasal dari sampah pertanian atau perkotaan, dapat digunakan sebagai bahan pembangkit tenaga listrik. Biodiesel adalah pengganti bahan bakar diesel yang diperoleh dari minyak tanaman, yaitu antara lain minyak sawit dan minyak biji buah jarak pagar.
  • Tenaga air: Tenaga air merupakan sumber tenaga yang sudah lama dikenal, dalam bentuk air terjun maupun gelombang air laut. Bahkan, untuk mendapatkan besarnya air terjun, seperti yang diharapkan, maka dibangun waduk-waduk raksasa, contohnya waduk Jatiluhur. Aliran air ini dapat menggerakkan turbin sebagai pembangkit tenaga listrik. Namun, untuk energi gelombang air laut sampai saat ini masih dalam tahap penetitian.
  • Tenaga angin: Energi angin telah lazim digunakan oleh perahu layar. Energi angin dapat diubah menjadi energi listrik. Negara yang telah menggunakan energi ini, antara lain Belanda, Australia, dan Amerika Serikat.
Sumber Energi Alternatif
Energi Alternatif
  • Tenaga matahari: Energi matahari dapat pula membangkitkan Listrik. Beberapa negara, termasuk Indonesia telah memanfaatkan tenaga matahari ini. Pemanfaatan energi matahari, antara lain untuk pemanas air dan pemanasan ruangan. Alat yang digunakan untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik adatah sel surya.
  • Tenaga panas bumi, yang dengan bantuan turbin dapat juga menghasitkan energi Listrik. Sumber ini biasa disebut dengan pembangkit listrik panas bumi.
  • Tenaga Nuklir: Dari reaktor nuklir, pembangkit dapat dihasilkan energi panas. Energi panas ini disalurkan melewati turbin untuk menghasilkan energi listrik pada pusat listrik tenaga nuklir (PLTN).
Sekian uraian tentang Beberapa Sumber Energi Alternatif, semoga bermanfaat.
zzzz...
Tag : IPA
Back To Top