Pengertian Hikayat dan Ciri Hikayat

Pengertian Hikayat dan Ciri Hikayat | Kata hikayat berasal dari bahasa Arab yang berarti cerita panjang penuh khayalan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (1995), pengertian hikayat adalah prosa karya sastra lama berisi cerita, baik sejarah maupun cerita roman fiktif, yang dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekedar untuk meramaikan pesta. Biasanya cerita hikayat dimulai dengan mengisahkan nenek moyang mereka yang berasal dari dewa-dewa di kayangan. Lukisan peristiwa-peristiwa yang digunakan untuk membangun cerita hikayat sangat dipentingkan, termasuk berkaitan dengan kesaktian-kesaktian sang tokoh dan pengalaman-pengalaman yang menakjubkan sekaligus membahayakan.

Pengertian Hikayat dan Ciri Hikayat
Ilustrasi
Umumnya, cerita hikayat berkhir dengan pertemuan antara putra raja dan kekasihnya yang telah menikah lalu memerintah kerajaan yang makmur dan sejahtera.  Dari pengertian hikayat di atas, kita juga dapat memahami ciri-ciri hikayat, yaitu sebagai berikut:
  • Termasuk sastra lama berbentuk prosa.
  • Ditulis dalam bahasa dan struktur ejaan Melayu.
  • Sebagian besar ceritanya berkisar dalam kehidupan istana.
  • Unsur rekaan me rupakan ciri yang menonjol.Lazimnya hikayatmencakup bentuk prosa yang panjang.
  • Berisi riwayat atau sejarah raja dan orang suci.
Ciri lain yang cukup menonjol dari cerita hikayat adalah banyaknya anasir asing, seperti Arab dan Hindu, sehingga dalam sebuah hikayat terdapat lukisan kemelayuan, dewa-dewa hindu, dan nabi-nabi Islam.

Sekian uraian tentang Pengertian Hikayat dan Ciri Hikayat. Jika ada pertanyaan, kritik/saran, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.
zzzz...
Back To Top